10 April 2018

7 Makanan Sehat Penunjang Kecerdasan Anak

Seorang ibu dan ayah tentunya sangat mengininkan jika anaknya kelak dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas, berprestasi dan mengharumkan nama keluarga. Menjaga kesehatan dan pola makan anak sejak kecil tentunya sangat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan seseorang karena salah satu faktor yang dapat mencerdaskan otak adalah faktor gizi dan nutrisi yang cukup. Otak akan akan berkembang jika kebutuhan gizi dan nutrisi anak terpenuhi.

Pada dasarnya agar anak dapat tumbuh cerdas sebenarnya harus kita perhatikan sejak anak masih berada didalam kandungan. Ini mengapa seorang ibu disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat pasca kehamilan adalah selain agar ibu tetap sehat, selain itu juga agar janin yang dikandungnya dapat lahir menjadi anak yang sehat dan cerdas pula.



Namun meskipun demikian, pada usia 0 hingga 5tahun adalah masa-masa paling bagus untuk proses peningkatan kecerdasan otak anak. Makanan yang banyak mengandung gizi seperti omega-3, omega-6, AA dan DHA tentunya sangat membantu meningkatkan daya ingat anak. Asupan nutrisi lain seperti protein yang terdiri dari nabati dan hewani juga tidak kalah pentingnya.

Lalu makanan seperti apa yang banyak mengandung nutrisi tersebut ? Dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang kerap dipercaya dapat mencerdaskan otak anak.

7 Makanan Sehat Untuk kecerdasan Otak Anak dan Balita

1. Salmon

Ikan salmon merupakan sumber terbaik untuk menghasilkan omega-3, asam lemak, DHA dan EPA. Makanan yang mengandung nutrisi tersebut sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.
Beberapa penelitian pernah dilakukan bahwa kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan salmon, lebih besar daripada ikan tuna serta kandungan DHA dan EPA sangat baik untuk mempertajam daya ingat anak.

2. Telur
Pastinya semua orang sudah tahu bahwa telur merupakan sumber protein yang baik sebagai makanan sehat untuk kecerdasan anak terutama pada bagian kuning telur.
Kuning telur memiliki kandungan kolin dan suatu zat yang dapat meningkatkan daya ingat. Selain itu juga telur mudah didapat dengan mudah dan dengan harga yang murah sehingga relatif terjangkau.

3. Susu dan Yogurt

Susu dan yogurt merupakan sumber protein dan vitamin B yang berasal dari hewani. Selain baik untuk pertumbuhan, minuman ini juga sangat baik untuk kecerdasan otak dan meningkatkan daya pikir. Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa untuk mendapatkan otak yang cerdas baik anak-anak maupun orang dewasa membutuhkan vitamin D 10kali lipat dari dosis yang direkomendasikan. Apa lagi sekarang sudah banyak tersedia yoghurt siap konsumsi semacam Greek Yogurt Tinggi Protein yang banyak beredar di pasaran.

4. Kacang-kacangan
Terkadang kita begitu merendahkan makanan jenis ini yang sebenarnya sangat baik untuk kecerdasan otak. Kacang merupakan makanan yang kaya akan serat, vitamin dan mineral yang dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak sehingga ketika dalam kondisi kelelahan anak masih dapat berfikir dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa kacang merah dan kacang pinto adalah jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak.

baca juga Mengenal Penyakit Asam Urat dan Cara Mengatasinya


5. Daging Rendah Lemak
Daging merupakan sumber zat besi yang akan membuat anak memiliki energi untuk berkonsentasi. Perhitungannya adalah dengan anda mengkonsumsi minimal 1 ons perhari daging sapi tanpa lemak, maka tubuh anda akan mendapat bantuan untuk proses penyerapan zat besi dari sumber-sumber lainnya.
Selain itu juga daging sapi mengandung mineral yang dapat mempertajam daya ingat sehingga anak tidak mudah lupa dengan apa yang telah ia pelajari, sehingga ini merupakan makanan sehat untuk kecerdasan yang baik bagi anak-anak

6. Oatmeal
Makanan ini sudah sangat terkenal terutama dikalangan anak-anak. Diibaratkan sebuah kendaraan, oatmeal adalah bahan bakar yang digunakan untuk otak dan mengawali aktifitasnya sehari-hari.
Oatmeal kaya akan kandungan seratnya dan merupakan sumber vitamin E, B, dan Potasium yang membuat otak berfungsi pada kapasitas penuh.

7. Sayuran – Jenis sayuran yang baik untuk kecerdasan otak adalah bayam, tomat, wortel, dan semua jenis sayuran hijau yang biasa anda makan.
Dari data diatas hanyalah segelintir jenis makanan yang dapat mencerdaskan otak anak. Masih banyak makanan jenis lainnya memiliki khasiat serupa.

Dan yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana anda menyajikan suatu makanan yang merupakan makanan sehat untuk kecerdasan agar diminati anak-anak. Karena biasanya kita kerap mengalami kesulitan terutama untuk memberikan asupan sayur.
Sekian dan Terimakasih.

1 komentar

  1. https://magic.ly/arwanaTOTO
    https://magic.ly/JEEPtoto
    https://magic.ly/doyanTOTO
    https://magic.ly/TStoto
    https://magic.ly/arta4d
    https://magic.ly/Zara4D
    https://magic.ly/ROMA4D
    https://magic.ly/NEON4D
    https://linkme.bio/roma4d/
    https://pipeho.me/jeeptoto

    BalasHapus