16 September 2016

Peluang Usaha Lapangan Futsal Yang Prospektif

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa olahraga bermain futsal makin hari makin diminati. Hal ini dikarenakan olah raga futsal yang sama dengan bermain sepakbola. Bisa kita lihat di berbagai tempat yang terdapat lapangan futsal pasti selalu terpakai. Di tempat persewaan lapangan futsal biasanya selalu penuh booking hingga banyak yang antri. Apalagi kalau hari sabtu dan minggu juga hari libur, bisa dipastikan kita akan kesulitan mencari persewaan lapangan futsal.

Nah, bagi anda yang sedang mencari peluang usaha mungkin bisa memanfaatkan momen seperti saat sekarang ini. Terutama bagi Anda yang mempunyai lahan atau tanah yang tidak produktif atau tidak terpakai. Apalagi kalau lokasinya di tempat strategis seperti di tepi jalan, saya yakin usaha persewaan atau rental lapangan futsal ini bisa jalan. Sebab peminat olahraga futsal tidak hanya di kota-kota besar saja, namun hampir merata di seluruh penjuru tanah air. Peminat paling tinggi biasanya anak sekolah, mahasiswa, dan para pemuda. Labih bagus lagi kalau Anda punya bangunan tak terpakai yang cukup luas, misalnya bekas gudang.

Peluang Usaha Lapangan Futsal


Banyak peminat olahraga futsal juga tidak lepas dari kelebihan futsal itu sendiri kalau dibandingkan dengan bermain sepakbola. Misalnya saja main futsal bisa dilakukan kapan saja, bahkan saat malam hari sekalipun. Hal ini dikarenakan futsal biasa dilakukan di areal indoor. 

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa hal saat akan membuka usaha lapangan futsal atau penyewaan lapangan futsal. Usaha futsal memerlukan beberapa persiapan untuk memulainya.  Persiapan ini pada dasarnya merupakan langkah-langkah awal sebelum memulai usaha futsal agar teridentifikasi kebutuhan mendasar  yang diiperlukan baik dalam rangka penyediaan lahan, modal invesatsi, maupun pemenuhan bahan baku aupun peralatan.  Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membuka bisnis lapangan futsal ini sebagai berikut :
  1. Menentukan pilihan tempat lokasi yang akan dijadikan lapangan futsal, lokasi yang dekat dengan jalan raya, permukiman, atau dekat kampus member nilai tambah.
  2. Memilih lokasi dan tempat lapangan futsal sebaiknya mempertimbangkan aspek kenyamanan, keamanan, dan tidak mengganggu orang­-orang di sekitarnya.  Jika mungkin pilihlah lokasi dengan luas yang memadai atau berukuran standar umum bahkan internasional.
  3. Untuk arena lapangan futsal kami sarankan memakai rumput sintetis yang bermutu tinggi, karena ini juga menyangkut kenyamanan pengguna lapangan futsal tersebut. Untuk itu sebaiknya menggunakan bahan yang bisa anda konsultaskan dengan perushaan yang jual lantai futsal murah biasanya mereka akan memberikan masukan tentang bahan rumput futsal sintetis yang sesuai.
  4. Memperhatikan sirkulasi udara gedung dan lapangan futsal dengan cara mengusahakan sedemikian rupa agar saluran udaranya atau ventilasi udara relative cukup,  sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman dalam bermain futsal atau menikmati suasana.
  5. Untuk mendukung suasana di ruang tunggu dapat disediakan televisi sebagai media informasi dan sarana hiburan bagi para pemain/pengunjung.
  6. Sediakan pula informasi / majalah futsal atau bahan bacaan yang menghibur pemain / pengunjung.
  7. Mempersiapkan berbagai peralatan, perlengkapan, dan infrastruktur lainnya atas dasar prinsip kecukupan dan kememadaian kuantitas maupun kualitasnya.
  8. Berbagai kesiapan tempat dan peralatan futsal ditunjang pula dengan acara pembukaan (grand opening) dengan maksud agar tempat dan lokasi futsal yang ada lebih dikenal dan  dilirik banyak orang. Pada akhirnya pengguna dapat menggunakan lapangan futsal dengan berbagai fasilitas secara kontinu.  Dengan kondisi ini, usaha futsal yang digeluti banyak dikenal orang, digemari, dan usaha berkesinambungan dalam jangka pendek maupun panjang.
  9. Agar tempat dan keberadaan usaha dan lapangan futsal selalu dapat diketahui orang atau calon pengguna, maka pemasangan spanduk atau billboard di depan tempat futsal.
  10. Berikan layanan yang memuaskan para pemain/pengunjung lapangan futsal agar mereka betah dan menikmati lapangan futsal sebagai arena bermain dan arena hiburan bersama.

Tips buka usaha lapangan futsal

  • Keberlangsungan usaha futsal sangat perlu diperhatikan, karena usaha ini memerlukan menjaga investasi lapangan yang telah dibangun. Agar usaha futsal dapat terus berlangsung dan berjalan lancar, maka perlu dilakukan beberapa hal hal sebagai berikut :
    - Menggunakan tanah kosong yang strategis. dan mudahvdijangkau oleh para peyewa atau pengguna olah raga futsal, lakukan analisis lingkungan dengan mempertimbangkan pula peluang calon pemain/pengunjung (anak-anak, remaja, orang dewasa). Menyediakan lahan parkir bagi kendaraan bermotor yang cukup luas dan ruang tunggu yang memadai bagi para pemain juga keamanan kendaraan yang diparkir itu sendiri
  • Terdapat dua ukuran lapangan futsal, yaitu Ukuran Umumpanjangnya 25 m – 45m dengan lebar: 15 m – 25 m, sedangkan ukuran internasional panjangnya 38 m – 42 m dengan lebar: 18 m – 22 m.
  • Menyediakan media informasi dan promosi semaksimal mungkin agar usaha futsal dikenal dan dikunjungi.
  • Menerapkan sistem keanggotaan (membership) dengan memberikan ikatan keanggotaan atau pemberian insentif diskon bagi anggota aktif yang telah terdaftar.
  • Menyewakan perlengkapan lain yang dibutuhkan pengguna, misalnya sepatu bola, kaos tim sepakbola, kaos kaki. Senantiasa mengikuti mode/trend yang diminati oleh pelanggan futsal.
  • Untuk menarik pelanggan, perlu diadakan turnamen, pertandingan, eksebisi, atau kompetisi futsal. Selain memperbanyak frekuensi penggunaan lapangan, hal ini juga bermanfaat bagi upaya perluasan jangkauan bagi khalayak akan keberadaan tempat dan jenis layanan yang tersedia maupun salah satu ajang promosi yang sangat tepat.
  • Melakukan kerjasama dan melakukan hubungan sponsor (sponsorship) untuk bekerja sama dan memajang iklan produknya di dalam ruangan lapangan futsal (indoor) atau di luar bangunan tempat bangunan futsal (outdoor). Dengan demikian, kegiatan kerjasama ini akan menambah perolehan pendapatan (income) tambahan.
  • Membuka kios minuman dengan berbagai variasi jenis dan merknya sesuai dengan selera dan kebutuhan pengguna lapangan. Hal ini dapat menambah penghasilan rutin, terutama sekali menunjang secara langsung pembiayaan kebersihan dan kenyamanan ruangan dan lapangan futsal, disamping memberikan layanan bagi pengguna.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Peluang Usaha Lapangan Futsal Yang Prospektif yang menyangkut perencanaan serta berbagai tipnya.
semoga bermanfaat.