Tali Jam Tangan Kulit Dan Cara Merawatnya

Salah satu alat penunjuk waktu yang disukai sejak dulu hingga sekarang adalah jam tangan atu juga dikenal dengan arloji. Dengan mengenakan jam tangan maka kita dapat melihat waktu setiap saat. Sehingga jadwal acar yang sudah kita atur dapat berjalan dengan baik. Selain sebagai alat penunjuk waktu, arloji juga berfungsi untuk melengkapi penampilan, misalnya saja warnanya yang bisa kita sesuaikan dengan baju atau busana yang kita kenakan.

Banyak sekali jenis bentuk atau style jam tangan dengan berbagai jenis talinya. Ada yang terbuat dari logam, plastik, karet, maupun dari kulit. Sehingga dengan demikian penampilan jam tangan yang kita kenakan juga menungjang fashion kita. 

Jam tangan kulit sering kali menjadi incaran bagi seseorang yang kurang suka dengan jam tangan yang tali jamnya terbuat dari stainless steel atau rubber. Karena salah satu kelebihan jika anda memakai jam tangan yang terbuat dari kulit adalah terasa ringan saat dipakai. Namun banyak diantara pemakai jam tangan kulit jarang atau bahkan tidak pernah merawat tali jam tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan ketidak tahuan cara merawat jam tangan kulit.

Cara merawat jam tangan yang tali jamnya terbuat dari kulit agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan merawat jam tangan rubber.Selain karena bahan kulit memiliki komposisi bahan yang berbeda dengan rubber, tali jam dari bahan kulit juga lebih sensitif jika dibandingkan dengan tali jam yang terbuat dari bahan karet atau rubber.


Perlu diketahui bahwa jika anda tidak pernah merawat jam kulit anda, biasanya jam tangan kulit anda tidak akan bertahan lama, mengingat jam tangan kulit berpeluang besar akan tumbuh jamur yang lama kelamaan akan merusak kulit tersebut. Untuk itulah sangat penting untuk melakukan perawatan terhadap jam tangan kulit kesayangan anda.

Bahan pembuatan jam tangan kulit

Tahukah anda bahwa jam tangan yang tali jamnya terbuat dari kulit itu tidak semuanya 100% dari kulit binatang? Sebagian besar orang mengira semua jam tangan yang tali jamnya terbuat dari kulit dibuat 100% dari kulit binatang seperti kulit buaya, kulit ular atau bahkan kulit babi. Padahal tidak semuanya menggunakan bahan dasar 100% dari hewan.Apalagi jika jam tangan yang anda beli bukanlah jam tangan original, biasanya hanya menggunakan kulit imitasi atau campuran untuk memangkas biaya produksi.


Jika anda membeli jam tangan kulit secara online, pastikan anda membaca spesifikasi type yang akan anda beli karena biasanya spesifikasi material yang digunakan ditulis jelas. Jika anda tidak menemukan dengan jelas dari bahan apa jam tangan kulit tersebut dibuat, anda bisa mencari tahu di mesin pencarian google biasanya ada review atau ada website lain yang mungkin menuliskan secara terperinci. Oke kembali ke permasalahan tentang cara merawat jam tangan kulit. Berikut adalah tips sederhana bagaimana cara merawatnya.

Merawat Jam Tangan Tali Kulit


Tidak selamanya jam tangan kulit yang Anda punya mampu berumur panjang. Biasanya jam tangan kulit tidak akan berumur panjang meskipun jam tangan original karena penggunaan dan perawatan yang keliru akan membuat beberapa komponen jam tangan Anda akan mudah rusak. Bahkan jika Anda tidak berhati-hati, jam tangan Anda bisa saja hancur setelahnya. Untuk itu simak cara merawat jam tangan dengan bahan kulit dengan benar.

Sebisa mungkin jauhkan jam tangan kulit dengan air, apalagi terkena air. Karena jika jam kulit terkena air maka akan mudah tuimbuh jamur dimana jamur inilah yang akan merusak jam tangan kulit anda. Lalu bagaiman jika jam tangan kulit anda terkena air misalnya kehujanan atau misalnya jatuh saat wudlu? Jika hal ini terjadi, segera lap jam anda dengan kain lembut yang kering, jika perlu keringkan dengan kipas angin. Karena biasanya air akan meresap pada kulit dan tidak bisa dilap dengan kain.

Kemudian jika sudah bisa dipastikan kering sebaiknya kasih dengan leather lotion / leather conditioner. Lap dengan kain kering dan lembut. Berhati-hatilah saat mengelap dan perhatikan serat kulit, lap satu arah (jangan bolak-balik) searah dengan serat kulit tersebut.

Dan untuk perawatan dengan leather conditioner ini sebaiknya dilakukan secara rutin walaupun jam tangan anda tidak terkena air. Lakukan sesuai pemakaian, misalnya jam tangan kulit anda dipakai sehari-hari maka cukup di beri leather conditioner sekali dalam sepekan.

Sebaliknya jika jam tangan jarang dipakai maka cukup dua pekan sekali atau sesuaikan dengan frekwensi pemakaiannya. Satu hal lagi yang tidak bisa dianggap remeh adalah dalam pemilihan leather conditioner, jangan beli di sembarang tempat dan hindari pembelian secara curah / tanpa merk. Belilah di toko-toko yang khusus menyediakan perihal perawatan aksesoris kulit. Jika leather conditioner yang anda gunakan bagus maka hasilnya juga akan maksimal. Demikian artikel singkat mengenai cara merawat jam tangan kulit , semoga bermanfaat.



Popular posts from this blog

Pabrik Permen Lolipop di Indonesia

Harga Evercoss Winner Tab S3 Spesifikasi RAM 1GB Intel X3