31 Maret 2016

Indahnya Lampion Terbang di Perayaan Cap Go Meh

Indahnya Lampion Terbang di Perayaan Cap Go Meh - Perayaan Cap Go Meh yaitu satu di antara perayaan rutinitas yang dilakasanakan masyarakat keturunan Tionghoa yang ada di seluruh dunia sudah ada sejak mulai lama, begitu pula di berbagai daerah di Indonesia. Dalam perayaan Cap Go Meh, biasanya selalu ada atribut atau perlengkapan khas yang memerlukan dan selalu ada pada sebagian perayaan-perayaan china seperti Cap Go Meh, pergantian tahun dalam kalender cina dan lain sebagainya yaitu lampion terbang berwana merah.

Ya, benda yang satu ini nampaknya demikian sekalipun sudah menyatu dengan perayaan dalam kebiasaaan atua kepercayaan masyarakat Tionghoa. Hadirnya lampion dalam satu perayaan hari ebsar china sudah ada sejak mulai jaman atau pad aabad ke tiga masehi ketika kerajaan dinasti Xi Han. Sampai tidak heran pada saat ini lampion kerapkali dipasang ataud iaplikasikan di sebagian rumah peranakan tionghoa, klenteng, dan tempat yang lain selalu dipasang lampion berwarna merah dan warna lain.

Penemuan lampion ini berbarengan dengan penemuan kertas sebagai alat tulis dan untuk keperluan yang lainnya , dan mulai jadi rutinitas sebagai pelengkap perayaan hari besar ketika dinasti Ming.

Tentu hadirnya lampion tidaklah tidak ada makna meskipun, ada nilai atau makna filosofis dari ada lampion ini. Pendaran cahaya dari lampion terbang berwarna merah ini memiliki makna pada th. depan atua th. yang akan dating keluarga itu bisa peroleh rejeki yang lebih baik, lebih hoki dan panjang umur.


Jual Lampion Terbang

Saat ini bentuk lampion mulai bermacam, lampion terbang konvensional berbentuk bulat dnegna rangka bambu. Namun, saat ini bentuk dari lampion sangat bermacam dari mulai lampion mini, lampion berbentuk kotak, lampion berkerangka besi, dan lampion bunga teratai. Semua yaitu hasil modifikasi dan untuk cocokkan dengan keinginan pasar.

Hadirnya lampion demikian paling utama sekali dalam merayakan hari-hari besar orang Tionghoa, di rasa kurang lengkap perasaan apabila dalam satu perayaan hari besar Tionghoa tidak dilengkapi dengan lampion, karena untuk bikin cantik rumah, juga memiliki nilai atua makna sendiri dari pemasangan lampion itu.

Sekarang ini lampion sudah abnyak sekali dijual di pasar-pasar, dan tempat lain Yang memang khusus jual lampion untuk perlengkapan Cap Go Meh. Demikian kajian peluang ini, semoga bermanfaat.